BRAINSROARMING


Penerapan PKP dalam pembelajaran adalah :
Memberi penekanan agar dalam pembelajaran itu para murid dilatihkan keterampilan – keterampilan mendasar yang biasa dipergunakan para ilmuwan dalam menghasilkan penemuan – penemuan besar dalam ilmu pengetahuan. Dengan penerapan PKP dalam pembelajaran, murid dengan memproseskan perolehannya akan mampu menemukan sendiri fakta, konsep, dan atau prinsip (pengembangan pengetahuan – pemahaman dalam ranah kognitif), dan seiring dengan itu, pembelajaran itu secara berangsur tapi berlanjut akan mengembangkan sikap dan nilai pada siswa yang relevan seperti cermat, teliti, jujur, dsb.

Manfaat PKP dalam pembelajaran adalah :
*    Dengan penerapan PKP dalam pembelajaran, murid akan memperoleh pengertian yang tepat tentang hakekat pengetahuan.
*    Dengan penerapan PKP dalam pembelajaran, bararti ilmu pengetahuan, tidak sekedar memperoleh informasi tentang ilmu pengetahuan itu.
*    Dengan penerapan PKP dalam pembelajaran, murid secara serentak belajar tentang proses dan produk ilmu pengetahuan.


Penerapan PKP dalam pembuatan RPP adalah :
Setiap pembelajaran selalu berlangsung dalam tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilian. Kajian tentang penerapan PKP itu dibatasi hanya pada tahap perencanaan saja, karena tahap pelaksanaan dan penilaian hanya didasarkan pada situasi dan kondisi yang telah ada.
Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran harus didahului dengan beberapa kegiatan sbelum mulai merancang pembelajaran itu. Kegiatan sebelum perancangan itu, antara lain diperlukan hal – hal berikut :
a.     Pemahaman yang tepat tentang kurikulum, utamanya silabus, yanh menjadi acuan dalam pembelajaran yang akan direncanakan itu : kaji dengan cermat kompetensi, indikator, pengalaman belaajar, materi pokok, dll. Pilih pengalaman belajar dan materi pokok yang cocok untuk penerapan PKP dalam pelaksanaan pembelajaran itu.
b.     Pemahaman yang tepat tentang tingkat perkembangan dan kemampuan murid yang akan mengikuti pembelajaran itu, utamanya tentang kemampuan awalnya (entering behavior).
c.      Fasilitas pembelajaran yang tersedia / dapat disediakan dan dapat dipergunakan dalam pembelajaran : sumber belajar, media pembelajaran, alat dan bahan yang diperlukan.
Selanjutnya pilih keterampilan proses yang sesuai dengan keperluan pembelajaran berdasarkan hasil kajian butir 1, 2, 3 tersebut di atas.